Skripsi Indonesia
Analisis Penggunaan Preposisis Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII Di Smpn Tenjolaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan dan ketepatan preposisi dalam teks deskripsi siswa kelas VII di SMPN Tenjolaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, artinya penelitian yang menghasilkan data deskriptif beerupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sumber daya penelitian ini berupa kata dan kalimat yang di buat oleh siswa kelas VII di Smpn 1 Tenjolaya. Berupa kata dan kalimat yang digunakan dalam penelitian ini berupa studi dokumen dengan melakukan pengkajian terhadap teks deskripsi. Pengecekkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode teriangulasi. Sub fokus yang menjadi penelitian ini, yaitu penggunaan preposisi di, preposisi ke, preposisi pada, dan preposisi dari. Dari hasil oenelitian tersebut ditemukan sebanyak 144 data penggunaan preposisi dengan bentuk penggunaan preposisi di sebanyak 69,5%, preposisi ke sebanyak 14%, preposisi pada sebanyak 3,5%, dan preposisi dari sebanyak 13%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil berupa penggunaan preposisi, tetapi da;am penelitian ini kebanyakan siswa sudah memahami bahaimana penggunaan preposisi yang tepat dan benar sesuai fungsinya.
Tidak tersedia versi lain