Skripsi PGSD
Pengembangan evaluasi pembelajaran berbasis educaplay materi keanekaragaman hayati Pendekatan research and development pada peserta didik kelas IV sekolah dasar negeri polisi 01 kota bogor semester genap tahun pelajaran 2024/2025
Deanda Absyarina, 037121119. Pengembangan evaluasi pembelajaran berbasis educaplay pada materi keanekaragaman hayati pada peserta didik kelas IV di SDN Negeri Polisi 01 Kota Bogor. Peneltian ini merupakan research and development dengan menggunakan model ADDIE ( analysis, design, development, implementation, evaluation ) yang betujuan untuk mengembangkan evaluasi pembelajaran menggunakan educaplay pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar negeri polisi 01 kota bogor dengan subyek penelitian 29 peserta didik kelas IV pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Uji validitas penelitian ini dilakukan oleh ahli media, bahasa dan 2 materi. Selain penilaian dari para ahli, angket respon peserta didik diberikan untuk mengembangkan dan menyempurnakan evaluasi pembelajran menggunakan educaplay. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh presentase 84% dengan kriteria "Sangat Layak", ahli bahasa diperoleh presentase 98% dengan kriteria "Sangat Layak", ahli materi (Dosen) diperoleh presentase 82% dengan kriteria "Sangat Layak" dan ahli materi (Guru) diperoleh presentase 81% dengan kriteria "Sangat Layak". Hasil angket respon peserta didik memperoleh hasil presentase 92,13% dengan kriteris sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bhawa evaluasi pembelajaran menggunakan educaplay sangat layak digunakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar.
Tidak tersedia versi lain