Skripsi PGSD
Analisis kesuliatan belajar menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tenjolaya studi kasus pendekatan kualitatif di sekolah dasar negeri 1 tenjolaya kabupaten bogor semester genap tahun pelajaran 2024/2025
Analisis kesuliatan belajar menulis karangan narasi pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Tenjolaya Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikann guru Sekolah Dasar fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Pakuan bogor, 2022. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian kualitatif studi kasusu. TUjuan dalam penelitian ini untuk menganalisis kesulitan belajar menulis karangan narasi. Subjek dalam penelitian ini merupakan tiga sisiwa kelas tinggi yakni kelas V sekolah dasar negeri 1 tenjolaya kabupaten bogor. Pengumpulan data pada penelitian ini dilaksnakan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan juga pengumpulan data dan dokumentasi untuk menunjang penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga isswa kesulitan belajar menulis karangan narasi. Kesulitan yang dialamii ketiga siswa tersebut diantaranya kesulitan dalam menentukan tema/judul karangan, sulit menggunakan kalimat yang jelas, sulit membuat paragraf dengan baik, sulit menerapkan ejaan sesuai kaidah dan sulit dalam penguasaan kosa kata. Solusi problematika siswa dalam menulis karangan menurut guru kelas ada tiga solusi, pertama, siswa dalam memilih tema adalah tema yang mereka kuasai atau dipahami. Kedua, siswa sebelum menulis cerita harus memperhatikan penggunaan kaliamat dan paragraf. Ketiga, siswa sebelum membuat paragraf harus nengetahui pemakaian huruf kapital dan tanda baca yang benar.
Tidak tersedia versi lain