Skripsi Indonesia
Penggunaan Aplikasi Webtoon Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ceroen Pada Siswa Kelas XI Smk Telekomedika Bogor
Siti Nurlena: Penggunaan Aplikasi Webtoon Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Pada Kelas XI Smk Telekomedika Bogor.
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan,2022.
peneltiian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi webtoon dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen pada kelas CI SMK Telekomedika Bogor, serta mengetahui kendala yang dialami siswa dalam menulis teks cerpen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan menggunakan teknik tes, angket dan observasi. Teknik tes digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Telekomedika Bogoe dan sampel kelas XI ASKEP 2 (x) dan XI OTKP 4 (y). Teknik pengambilan sampel ini menggunakan cluster Random Sampling. Hipotesos pertama yaitu penggunaan aplikasi webtoon efektif dapat meningkatkan kemampuan meulis teks cerpen di kelas XI Telekomedika Bogor dapat teruji kebenaranya dengan menggunakan instrumen pretest dan postest. Hasil pretest di kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 52,53. Hasil post test di kelas ekperimen mempunyai tingkat kemampuan dengan nilai rata-rata 61,45. Hal ini membuktikan bahwa perbedaan antara hasil pembelajaran menggunakan aplikasi webtoon. Bukti tersebut dikuatkan dengan adanya perbedaan yang cukup signifikan antara skor hasil tes kelas ekperimen yang menggunakan webtoon dan kelas kontrol menggunakan aplikasi memories. Berdasarkan penelitian, hasil perhitungan perbandingan mean diperoleh dengan t-hitung=1,78 dan db=46. Diperoleh harga to,99=2,00. Dengan demikian t-hitung signifikan karena nilai t-tabel
Tidak tersedia versi lain