Skripsi Indonesia
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Dinas Pada Siswa Kelas VII Smp Bina Remaja Megamendung Bogor Jawa Barat
peneltiian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model inkuiri dalam meningkatkan keterampilan menulis surat dinas pada siswa kelas VII SMP Bina Remaja, serta mengetahui kendala yang dialami siswa dalam menulis sirat dinas. Metode yang digunakan adalah ekspeerimen dengan menggunakan teknik tes, angket dan observasi. Teknik tes digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis surat dinas, melalui penerapan model inkuiri. Teknik angket digunakan untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis surat dinas. populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Bina Remaja dengan sampel kelas VII A (x) dan kelas VII B(y). Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama terbukti kebenaranya, bahwa penerapan model inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis surat dinas. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan keterampilan menulis surat dinas dikelas eksperimen. Hasil pratest di kelas eksperimen diperoleh bahwa siswa mempunyai tingkat kemampuan dengan nilai rata-rata 54.5 . Hasil postes di kelas eksperimen mempunyai tingkat kemampuan rata-rata 70.8 . Hal ini membuktikan terdapat perbedaan antara hasil pembelajaran dengan menerapkan model inkuiri. Bukti tersebut dikuatkan lagi dengan adanya perbedaan yang signifikan antara skor hasil tes kelas eksperimen dengan model inkuiri dan kelas kontrol dengan model PBL. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus 1-tes, diperoleh harga t0,99 = 2,45 dan harga t0,95=1,69. Dengan Demikian, t hitung jauh lebih besar daripada trabel atau harga thitung signifikan karena nilai tabun thitung, yaitu1,692,69. Dengan demikian, Model inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis surat dinas pada siswa
Tidak tersedia versi lain