Skripsi PGSD
Pengembangan E-Book Berbasis Canva pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Siklus Air : Pendekatan Penelitian Research and Development pada Peserta Didik Kelas V SDN Dayeuh Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemanfaatan dalam
penggunaan teknologi pada proses pembelajaran, khususnya dalam
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang dianggap sulit oleh sebagian
peserta didik. Kecanggihan teknologi yang semakin pesat ini
mengharuskan guru untuk memanfaatkannya ke dalam proses
pembelajaran, salah satunya untuk mengembangkan bahan ajar. Pada
penelitian ini bahan ajar yang dikembangkan berupa e-book berbasis canva
pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Siklus Air. Penelitian
ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation,
and Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2023
dengan populasi dan sampel kelas V SD Negeri Dayeuh Tahun Pelajaran
2022/2023 sebanyak 34 peserta didik. Pelaksanaan uji coba dilakukan
secara terbatas dengan responden yang sudah ditentukan. Hasil penelitian
dari validasi ahli bahasa, ahli media, dan ahli materi mendapatkan hasil
persentase rata-rata keseluruhan 93,48% yang menunjukkan bahwa bahan
ajar e-book “Sangat Layak”. Pada tahap uji coba terbatas didaptkan respon
peserta didik terhadap bahan ajar e-book “Sangat Baik” dengan
mendapatkan hasil persentase rata-rata keseluruhan sebesar 90,36%.
Berdasarkan hasil penelitian dari validasi ahli dan respon peserta didik
maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar e-book
berbasis canva sangat layak dan baik digunakan dalam proses
pembelajaran, menarik, interaktif, dan praktis.
Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, e-book, siklus air
Tidak tersedia versi lain