Skripsi PGSD
Perbedaan Model Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika.
Anugrah Ronansa Ananda, 037119070. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Pakuan, 2023. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen desain tiga
grup. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar model Problem Based Learning, Project Based Learning, dan
Konvensional terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Julang Kota Bogor pada semester dua tahun ajaran
2022/2023. Metode penelitian yang digunakan merupakan eksperimen
kuasi desain tiga grup. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V SDN Julang
Kota Bogor dengan jumlah peserta didik 75 orang. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Maret sampai April semester genap.
Pengumpulan data yang dilakukan untuk mendapatkan hasil belajar atau
N-gain diperoleh dengan menggunakan pretest dan posttest. Peneliti juga
melakukan uji normalitas dengan uji lilliefors ketiga sampel berdistribusi
normal karena nilai ketiga sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok
kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,025 ≤
0,173, pada kelompok kelas Project Based Learning di dapat nilai Lhitung ≤
Ltabel yaitu 0,005 ≤ 0,173, dan pada kelompok kelas kontrol di dapat nilai
Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,052 ≤ 0,173. Kemudian pada uji homogenitas data
tersebut bersifat homogen karena lebih kecil dari X2tabel, didapatkan nilai
0,731 ≤ 5,991. Selanjutnya pada uji hipotesis didaptkan thitung sebesar 5,31
lebih besar dari ttabel sebesar 2,0`603, menunjukkan bahwa H0 ditolak dan
Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar matematika
melalui model Problem Based Learning, Project Based Learning, dan
Konvensional pada siswa kelas V SDN Julang Kota Bogor.
Kata Kunci: Project Based Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar
Matematika
Tidak tersedia versi lain