Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Model Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika.
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Perbedaan Model Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika.

Ananda, Anugrah Ronansa/037119070 - Nama Orang;

Anugrah Ronansa Ananda, 037119070. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Pakuan, 2023. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen desain tiga
grup. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar model Problem Based Learning, Project Based Learning, dan
Konvensional terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Julang Kota Bogor pada semester dua tahun ajaran
2022/2023. Metode penelitian yang digunakan merupakan eksperimen
kuasi desain tiga grup. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V SDN Julang
Kota Bogor dengan jumlah peserta didik 75 orang. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Maret sampai April semester genap.
Pengumpulan data yang dilakukan untuk mendapatkan hasil belajar atau
N-gain diperoleh dengan menggunakan pretest dan posttest. Peneliti juga
melakukan uji normalitas dengan uji lilliefors ketiga sampel berdistribusi
normal karena nilai ketiga sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok
kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,025 ≤
0,173, pada kelompok kelas Project Based Learning di dapat nilai Lhitung ≤
Ltabel yaitu 0,005 ≤ 0,173, dan pada kelompok kelas kontrol di dapat nilai
Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,052 ≤ 0,173. Kemudian pada uji homogenitas data
tersebut bersifat homogen karena lebih kecil dari X2tabel, didapatkan nilai
0,731 ≤ 5,991. Selanjutnya pada uji hipotesis didaptkan thitung sebesar 5,31
lebih besar dari ttabel sebesar 2,0`603, menunjukkan bahwa H0 ditolak dan
Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar matematika
melalui model Problem Based Learning, Project Based Learning, dan
Konvensional pada siswa kelas V SDN Julang Kota Bogor.
Kata Kunci: Project Based Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar
Matematika


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSP) 27 ANA
2023SPGSD0027.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
27 ANA
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
27 ANA p 2023
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Problem Based Learning
Hasil Belajar
Project Based Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Elly Sukmanasa, M.Pd. dan Rukmini Handayani, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?