Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023.
Safira Tyas Handayani. 037119101. Pengaruh “Pengaruh Penerapan
Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian
Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia”. pendekatan yang diambil
adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekoalh Dasar Negeri Julang
yang terdiri dari 49 siswa, penelitian ini dilakukan pada semester genap
pada tahun pelajaran 2022/2023. hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning
Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam
Di Indonesia”. hal ini terlihat dari n-gain pada kelompok kelas eksperimen
sebesar 70, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatka rata-rata n-
gain 57. ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok ekperimen
sebesar 100% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 88% serta
hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung
(3,8690) > ttabel (2,01174). Dan signifikan antara “Pengaruh Penerapan
Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian
Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia”. Hasil penelitian ini diharapkan
dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model
pembelajaran yang inovatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar
serta membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Discovery Learning
Tidak tersedia versi lain