Mata Kuliah Pengembangan Kepri
Manajemen Belajar & Pembelajaran Di Sekolah
Proses belajar mengajar (pembelajaran) adalah upaya secara sistematis yang dilakukan guru untuk mewujudkan proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kemampuan mengelola pembelejaran merupakan syarat mutlak bagi guru agar terwujud kompetensi profesionalnya. Konsekuensinya, guru harus memiliki pemahaman yang utuh dan tepat terhadap konsepso belajar dan mengajar. Belajar menurut teori behavioristik diartikansebagai proses perubahan tingkah laku yang disebabkan oleh seringnya interaksi antara stimulus dan respons. Menurut teori behavioristik, inti belajar adalah kemampuan seseorang melakuakan respon terhadap stimulus yang datang kepada dirinya. Belajar menurut pandangan teori kognitif diartika proses untuk membangun persepsi seseorang dari sebuah obyek yang dilihat. Oleh sebab itu belajarmenurut teori ini adalah lebih mementingankan proses daripada hasil. Belajar menurut pandangan teori konstruktivisme adalah upaya untuk membangun pemahaman atau persepsi atas dasar pengalaman yang dialami siswa oleh sebab itu be;lajar menurut pandangan teori ini adalah proses untuk memberikan pengalaman nyata bagi siswa. Ada toga potensi yang harus dirubah melalui belajar, yaitu potensi intelektual (kognitif), potensi moral kepribadain (affektif) dan ketrampilan mekanik/otot (psikomotorik). Sedangkan mengajar adalah kemampuan mengkondisikan situasi yang dapat dijadikan proses belajar bagi siswa. Oleh sebab itu, mengajar tidak harus terikat ruang/tempat atau waktu. Inti mengajar adalah kemampuan guru mendesain situasi dan kondisi yang dapat mendukung praktek belajar siswa secara utuh, tepat dan baik.
2020MPK0022.C1 | 371.1/AQI/m | Rak MPK (RMPK) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain