Buku Indonesia
Pembelajaran bahasa Indonesia: berbasis teks
berdasarkan hasil studi organisasi dunia seperti organisasi kerja sama ekonomi dan pembangunan (OECD), pada tahun 2012 dan 2015, melalui programmes for international student assessment (PISA) ditunjukan bahwa kemampuan literasi siswa indonesia yang berusia 15-16 tahun berada pada posisi yang sangat mengkhawatirkan. dari kemampuan menjawab pertanyaan yang menyertai teks yang dibaca, hanya 1,5% yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya membutuhkan pemikiran, sedangkan sisanya 98,5% hanya mampu menjawab persoalan-persoalan yang sifat nya mengingat (hafalan). artinya, kemampuan menghafal lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir. kenyataan itu mengindikasikasikan bahwa pemberian materi pembelajran bahasa indonesia belum mampu membentuk struktur berpikir siswa indonesia, padahal fungsi bahasa, termasuk bahasa indonesia diantaranya adalah sarana dan pembentuk kemampuan berpikir manusia. itu salah satu sebabnya, kurikulum 2013 khusus yang berhubungan dengan pembelajaran bahasa indonesia didesain pada pembelajaran yang berbasis teks.
2020I022.C1 | 418/MAH/p | Rak Indonesia (RI) | Tersedia |
2020I022.C2 | 418/MAH/p | Rak Indonesia (RI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain