Buku Indonesia
Metode Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia
Diberlakukannya Mata Kuliah Metode Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia agar mahasiswa beroleh pengetahuan, sikap, pengetahuan, sikap, keterampilan, dan pengalaman merancang, merencanakan sebuah penelitian sesuai dengan bidang ilmu yang mereka pelajari. Indikator seorang sarjana (ilmuwan), diantaranya diukur dari kemampuan memilih topik penelitian, mengidentifikasi masalah, merumuskan masalah, memilih dan mengolah informasi dari berbagai sumber, dan mempublikasikan untuk kemaslahatan masyarakat.
Oleh karena itu, sebuah perguruan tinggi tidak hanya menghasilkan luaran berupa sumber daya manusia, tetapi menghasilkan pemikiran-pemikiran inovatif, kreatif, dan produktif dalam bentuk karya tulis ilmiah dan karya cipta lainnya. Ide dan gagasan dalam buku ini diilhami oleh buku sumber Research Metodology: a step-by-step guide for beginners, karya Ranjit Kumar (Malaysia, PJB, 1999). Di dalam buku ini dibahas tentang (1) pemikiran: sebuah cara berpikir ilmiah, (2) proses penelitian, (3) tinjauan pustaka, (4) merumuskan masalah penelitian, (5) mengidentifikasi variabel, (6) menyusun hipotesis, (7) desain penelitian dan memilih desain penelitian, (8) mengumpulkan data dengan skala sikap, (9) proses pengumpulan data, (10) validitas dan reliabilitas, (11) penentuan samping, (12) menulis proposal penelitian, (13) etika pencarian data penelitian, (14) memproses dan mengolah data, dan (15) menyajikan data hasil penelitian.
2019I00003.C1 | 808.02 KUR | Rak Indonesia | Tersedia |
2019I00003.C2 | 808.02 KUR | Rak Indonesia (RI) | Tersedia |
2019I00003.C3 | 808.02 KUR | Rak Indonesia (RI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain