Buku ini memuat antara lain: 1) metode penelitian kuantitatif dan kualitatif saat ini sudah dapat digabungkan penggunaannya dalam penelitian, sehingga metode tersebut dinamakan metode kombinasi atau mixed methods. 2) teknik perhitungan untuk menentukan jumlah anggota sampel dilakukan dengan memperhatikan sampling error dan confidence level; ada teknik perhitungan jumlah anggota sample dari pop…
Buku ini berisikan informasi tentang : Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek dari telaah filosopi ilmu pengetahuan dan pengetahuan filsafat dan filsafat ilmu pengetahuan, paradigma dan prinsip implementasinya dalam peneliyian, penelitian kualitatif dari pengertian sampai prosedur penelitian kualitatif, studi kasus, teknik pengumpulan data, perekaman data, grounded teory approach, anali…
BUKU INI BERISI TENTANG : 1. Konsep Dasar Metode Penelitian Kombinasi 2. Metode Kuantitatif Survei 3. Metode Kuantitatif Eksperimen. 4. Metode Kombinasi : a. Desain Sequential Explanatory b. Desain Sequential Exploratory c. Desain Concurrent Triangualation d. Desain Concurrent Embedded 5. Cara Membuat Proposal Penelitian 6. Cara Membuat Laporan Penelitian 7. Masing-masing diberikan …
Buku ini ditulis karena munculnya kesadaran bahwa buku tentang Metode Penelitian Kualitatif dan Mixed Method belum banyak diterbitkan di Indonesia. Arus utama (Main Stream) penelitian mahasiswa dan dosen-dosen Fakultas Psikologi masih menggunakan metode kuantitatif dengan paradigma positivisme. Sementara masalah-masalah manusia, sosial dan budaya tidak cocok apabila dibahas dengan pendekatan po…
Secara garis besar, jenis penelitian dibagi menjadi penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Keduanya punya ciri dan perbedaan tersendiri. Penelitian kualitatif adalah metode baru, sedangkan penelitian kuantitatif disebut metode tradisional karena sudah cukup lama digunakan sehingga sudah menjadi tradisi. Fenomena menarik terjadi di kalangan mahasiswa bahwa keputusan melakukan peneliti…
Ditulis untuk pendidik dan calon pendidik, buku ini memperkenalkan proses pelaksanaan penelitian tindakan berbasis kelas atau sekolah sang pendidik itu sendiri yang disertai dengan praktik dan aktivitas pengajaran sehari-hari. Buku ini memberi pendidik pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mendesain studi penelitian, melaksanakan penelitian, dan mengkomunikasikan temuan penelitian …