Speaking is considered to be one of the most important skills that are often used in everyday life to communicate. However, speaking English has several aspects that must be considered. Besides that, several factors also affect speaking skill and are commonly faced by students. Therefore, one of the techniques that can be applied in teaching speaking is Jigsaw technique. The aim of this res…
Nurfitria Oktaviani. 036109037. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekosistem Menggunakan model Jigsaw dengan Mind mapping Di kelas X SMA NEGERI 1 CIGUDEG. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan Ibu Dr. Surti Kurniasih M.Si dan Bapak Drs.Eka Suhardi M.Si Jigsaw adalah model pembelajaran yang mengedepankan hasil belajar kelompok dalam pembelajaran sehingga siswa mampu sali…
Aminah Anggriani. NPM 037114360. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ” Studi Penelitian Tindakan Kelas di kelas V Sekolah Dasar Negeri Cinangka 02 Kecamatan Ciampea Kota Bogor tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas…
Faridatul Ulla, NPM 037113344. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibungbulang 01 Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Univ…
Cooperative learning didefinisikan sebagai sekelompok kecil pembelajar yang bekerja sama menyelesaikan masalah, merampungkan tugas, atau menyelesaikan suatu tujuan bersama (Artz & Newman, 1990). Model pembelajaran kooperatif mengharuskan siswa untuk bekerja sama dan saling bergantung secara positif antar satu sama lain dalam konteks struktur tugas, struktur tujuan, dan struktur reward. Gagasan …