Seiring dengan diberlakukannya Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sebagaimana Peraturan Presiden Republik Indonesia Tahun 2012, bahwa mahasiswa di samping memiliki keilmuan, dituntut pula memiliki kemampuan (skill) lainnya dalam rangka menghadapi daya saing dengan mengacu pada nilai-nilai karakter kebangsaan. Nilai-nilai karakter kebangsaan tersebut tentunya dapat ditanamkā¦
Dewasa ini Literature tentang konsep dan model sistem pendidikan inklusif telah cukup tersedia, akan tetapi sebagian besar berasal dari luar negeri, menggunakan bahasa asing dan tentunya dilandasi konsep berpikir serta latar belakang budaya asalnya. Sebaik apa pun konsep dan model pendidikan inklusif, bila tidak berlandaskan kerangka berpikir dan kajian budaya setempat, belum tentu dapat diimplā¦
Pendidikan karakter bukan pekerjaan sekali jadi, karena selain menyangkut proses yang tidak sedrhana yang melekat dengan penyelenggaraan pendidikan itu sendiri, sekaligus karena menyangkut pembentukan budi pekerti atau akhlaq secara menyeluruh yang melekat dengan membangun manusia yang bersifat kompleks.
Ilmu merupakan salah satu cabang pengetahuan yang berkembang dengan sangat pesat. Dewasa ini, yang sering disebut sebagai kurun waktu dan teknologi, hampir seluruh aspek kehidupan dipengaruhi oleh keberadaannya. Ilmu merupakan salah satu cabang pengetahuan yang digumuli dalam kegiatan pendidikan.