Buku ini diharapkan dapat menjadi pegangan utama (buku teks) bagi mahasiswa kependidikan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman secara mendalam mengenai konsep dasar, fungsi, dan peranan, proses dan prosedur, serta bidang-bidang garapan pengelolaan pendidikan di tingkat mikto (sekolahan), messo (kabupaten/kota), maupun makro (nasional). Selain itu diharapkan pula dapat membe…
AHMAD GALIH PRIANTAMA. 036112069. Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional Biologi di Lembaga Pelatihan OSN Depok. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti Olimp…
Meriyanti Anwar, 037113386. Hubungan Manajemen Kelas Dengan Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara manajemen kelas dengan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2020 dan menggunakan penelitian survai dengan pe…
buku ini sangat membantu pengelolaan peserta didik sebagai upaya mewujudkan diri peserta didik melalui layanan yang dijadikan dasar pengembangan diri.
Manajemen pendidikan Islam adalah tentang bagaimana suatu proses pengelolaan lembaga pendidikan Islam secara Islami untuk dapat mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien. Objek bahasan dari manajemen pendidikan Islam sangatlah kompleks, selanjutnya adalah bagaimana mengintegrasikan objek-objek bahasan tersebut untuk dapat menciptakan manajemen pendidikan yang berciri khas Isla…
Buku ini memaparkan upaya mengubah sistem pendidikan. Tujuannya adalah menjawab tantangan disrupsi-inovatif Revolusi Industri 4.0. Teknologi digital menjadi ekosistem inovasi dalam model platform yang mengubah bisnis berkat orientasi ke kepuasan pengguna. Orientasi ini mendorong inovasi meskipun sering memicu disrupsi. Menghadapi disrupsi, model kepemimpinan harus berubah, bukan lagi bersifat h…
Dengan membaca buku ini, diharapkan para pelaku pendidikan, terutama guru, dapat memahami cara mendesain dan mempraktikkan pendidikan karakter berbasis kelas secara utuh dan menyeluruh sehingga lembaga pendidikan mampu melaksanakan misinya sebagai sebuah lingkungan yang mengajar, mendidik, dan membentuk karakter peserta didik. Para pendidik perlu menyadari tantangan dan persoalan terkait dengan…
Sebagian masyarakat dari dunia pendidikan mengklalim bahwa salah satu faktor penyebab rendahnya kualitas sumber daya manusia di negara kita adalah menyangkut sistem dan manajemen penyelenggaraan pendidikan. Bertolak dari persoalan tersebut buku ini berusaha memberikan bantuan dalam menyiapkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas. Buku ini juga dimaksudkan memberikan informasi dan pemahama…