Masih banyak peluang untuk pengembangan budaya Merdeka Belajar, yakni dimulai dari belajar memaknai "merdeka" itu sendiri. Mustahil bagi kita untuk melakukan Merdeka Belajar tanpa peserta didik diajari "merdeka" dalam belajar dan para guru diajari "merdeka" dalam mengajar.Buku yang ada di tangan Anda ini adalah horizon yang diharapkan dapat memperkaya lekukan makna Merdeka Kebijakan, Merdeka Be…
Masih banyak peluang untuk pengembangan budaya Merdeka Belajar, yakni dimulai dari belajar memaknai "merdeka" itu sendiri. Mustahil bagi kita untuk melakukan Merdeka Belajar tanpa peserta didik diajari "merdeka" dalam belajar dan para guru diajari "merdeka" dalam mengajar.Buku yang ada di tangan Anda ini adalah horizon yang diharapkan dapat memperkaya lekukan makna Merdeka Kebijakan, Merdeka Be…
Buku ini merupakan sebuah upaya untuk mengenalkan hal ikhwal gaya belajar terkait dengan metode belajar-mengajar dan dunia pendidikan pada umumnya.Di dalam buku ini dibahas tentang latar belakang, pengertian, dan berbagai model gaya belajaryang dikemukakan oleh para ahli seperti Myers-Briggs, holland, Witkin, Kolb, Honney-Mumford. Pada bagian akhir dibahas pula implikasi gaya belajar terhadap p…
Buku strategi belajar mengajar ini membahas tentang teknik-teknik penyajian pelajaran. Teknik penyajian adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur dalam mentransfer ilmu/pelajaran kepada peserta didik agar pelajaran tersebut dapat dipahami, ditangkap oleh mereka.Namun perlu dipahami bahwa setiap teknik penyajian hanya sesuai atau tepat untuk …
Buku ini membahas tentang strategi belajar mengajar yang dibutuhkan oleh guru dan mahasiswa program kependidikan. Isi buku mencakup tentang belajar dan pembelajaran, pembelajaran aktif dan efektif, penjelasan mengenai model, strategi, dan metode pembelajaran, beberapa metode pembelajaran inovatif, pengelolaan kelas, serta strategi bertanya. Penulis berusaha memaparkan isi buku agar mudah dipaha…
Perencanaan Pengajaran mencakup : 1. Merumuskan tujuan yang akan dicapai 2. Cara apa yang akan digunakan untuk menilai pencapaian tujuan tersebut 3. Materi apa yang akan disampaikan dan bagaimana cara menyampaikan materi tersebut 4. Materi/alat apa yang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan pengajaran. Oleh karena bidang pengajaran bermacam-macam, begitu juga waktunya, lingkup pengajara…