Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemanfaatan dalam penggunaan teknologi pada proses pembelajaran, khususnya dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang dianggap sulit oleh sebagian peserta didik. Kecanggihan teknologi yang semakin pesat ini mengharuskan guru untuk memanfaatkannya ke dalam proses pembelajaran, salah satunya untuk mengembangkan bahan ajar. Pada penelitian in…
Berkembangnya teknologi saat ini berdampak positif bagi bidang pendidikan, hal ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan pembelajaran yang ideal bagi peserta didik. Untuk menciptakan pembelajaran yang ideal ini membutuhkan faktor pendukung salah satunya yaitu bahan ajar. Mengingat kemajuan teknologi saat ini yang terus berkembang pesat, dengan demikian dapat dimanfaatkan salah satunya untuk menge…
LKPD merupakan perangkat pembelajaran sebagai pelengkap atau sarana pendukung pelaksanaan RPP ( rencana pelaksanaan pembelajaran). Dengan penggunaan LKPD akan membuka kesempatan peserta didik untuk aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode research and development, penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri d…
BAGJA TEGAR ANUGRAH. 032119004. Pengembangan Bahan Ajar Handout berbasis Peta Pikiran (Mind Mapping) pada Materi Teks Eksplanasi bagi Peserta Didik Kelas VIII. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah Bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar handout berbasis peta pikiran (mind mapping) pada materi teks eksplanasi ke…
Ferdi Muhamad. 032119028. Pengembangan Bahan Ajar Audiovisual Berbasis Aplikasi KineMaster pada Materi Teks Eksplanasi Di SMPN 17 Kota Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Di bawah bimbingan Dra. Tri Mahajani, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd. Bahan ajar adalah komponen penting dalam proses pembelajaran, bahan ajar terdiri dari rangkaian materi yang sudah tersusun dengan sistematis dan sebuah …
Galuh Silvia 037120078. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan mengembangkan bahan ajar e-book menggunakan kvisoft flipbook maker pada tema 9 benda-benda di sekitar kita subtema 1 benda tunggal dan campuran di kelas V SDN Loji 2 Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Impl…