Tugas mengajar bukanlah tugas yang mudah, tetapi memerlukan pemikiran dan tindakan yang profesional dari beberapa kegiatan yang saling berhubungan dalam bentuk satu kesatuan. Rangkaian kegiatan tersebut, yang dilakukan guru, terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Mengingat tugas guru bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, namun memerlukan berbagai pengetahuan dan keterampilan yan…
Mahasiswa ataupun calaon pengajar tentunya telah memperoleh pengetahuan bidang studi yang sangat lengkap. Sering terjadi, penegtahuan lengkap yang diperoleh tersebut akan hilang tidak teringat ketika tampil di sepan kelas. Hal ini lumrah karena penyakit demam panggung yang menghinggapi semua praktikan, muka berubah merasa tidak normal, gerakan yang kaku, salah tingkah, dan nada suara serta kali…
Buku ini merupakan bunga rampai atau kompilasi sejumlah artikel tentang pendidikan, keguruan dan pembelajaran, tentang guru profesional dan profesionalitas lembaga pendidikan, lembaga pendidikan bermutu serta tentang manajemen lembaga pendidikan. Buku ini juga dilengkapi beberapa kebijakan pemerintah terkait penyelenggaraan pendidikan, yaitu: 1. PP Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan P…
Dengan membaca buku ini, diharapkan para pelaku pendidikan, terutama guru, dapat memahami cara mendesain dan mempraktikkan pendidikan karakter berbasis kelas secara utuh dan menyeluruh sehingga lembaga pendidikan mampu melaksanakan misinya sebagai sebuah lingkungan yang mengajar, mendidik, dan membentuk karakter peserta didik. Para pendidik perlu menyadari tantangan dan persoalan terkait dengan…
Pengembangan Model-model Pembelajaran merupakan suatu keniscayaan yang harus dipersiapkan dan dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran. Guru merupakan ujung tombak keberhasilan kegiatan pembelajaran di sekolah, yang terlibat langsung dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Kualitas kegiatan pembelajaran yang dilakukan sangat bergantung pada perencanaan dan pelaksanaan proses …
Guru adalah sebuah profesi yang berperan penting dalam menentukan sikap, sifat dan intelektual peserta didik di sekolah. Namun, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi salah satu faktor pendorong yang mengharuskan seorang guru mengembangkan profesinya.
Buk ini memaparkan secara komprehensif kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) Yang mulai berlaku seiring terbitnya peraturan pemerintahNo. 19 tahun 2005, bagian pertama menjelaskan latar pengembangan kurikuluk itu sendiri.Dimulai dari dasar, landasan, desain, proses, da prinsip serta model pengembangan kurikulum.