Buku Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi ini mengintegrasikan materi dengan karakter sehingga mampu menjadikan mahasiswa cerdas dan berkarakter. Penumbuhkembangan sikap positif terhadap bahasa Indonesia juga menjadi sasaran dari buku ini. Untuk itu, dalam buku ini diuraikan mengenai keadaan kebahasaan dan sisi-sisi praktis penggunaan bahasa Indonesia untuk menunjang keperluan akademis. B…
Bahasa indonesia sebagai sarana komunikasi sekaligus merupakan mata kuliah pengembangan kepribadian dengan tujuan mengembangkan kompetensi mahasiswa terutama dalam penulisan ilmiah yang mencakup kemampuan kognitif dan afektif untuk itu diperlukan bahan-bahan yang memadai untuk dijadikan acuan dasar bagi para mahaiswa dan dosen yang mengajarkan mata kuliah ini
Bahasa adalah alat komunikasi antar anggota masyarakat berupa symbol berbunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa digunakan dalam proses komunikasi untuk menyampaikan pikiran, perasaan, pesan, dan informasi baik antar individu maupun antar kelompok. Penggunaan bahasa tersebut tidak hanya berbentu lisan, tetapi juga berbentuk tulisan. Pada praktiknya, bahasa memegang peran utama dalam…
“Bahasa Indonesia Cendekia” ini adalah revisi buku Mukodas yang berjudul “Rekreasi Bahasa Indonesia” yang pernah diterbitkan oleh Langit Arbitter. Setelah beberapa tahun menggunakannya, dia merasa perlu melengkapi bagian-bagian yang kurang, sehingga jadilah buku ini. Diambil judul ini karena memang dikhususkan agar pembaca bisa lebih menjadi berilmu dan bercendekia ketika menggunakan Ba…
Buku inimerupakan pedoman yang mudah dan praktis bagi pengguna bahasa, khususnya dalam berbahasa dan berkomunikasi dengan baik dan benar, baik bahasa tulis maupun lisan, Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan ragam Bahasa , Gaya Bahasa, kesalahan dalma berbahasa, peribahasa, dan Idiom. Oleh karena itu, buku ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi pelajar atau pembaca pada umumnya yang in…
Secara lengkap buku sosiolinguistik ini membhasa berbagai hal, seperti : a. Terminologi Sosiolinguistik b. Sosiolinguistik Makro dan Mikro c. Penelitian lapangan dengan audio dan/ atau rekaman video d. Teori Basil Bernstein e. Alih Kode dan Campur Kode f. Pijin dan Kreol g. Bahasa Buatan h. Kontak Bahasa i. Pemertahanan Bahasa j. Kepunahan Bahasa k. Kebijakan Bagi Pemertahanan Bahasa