Pembelajaran literasi merupakan tahap puncak setelah tahap pembiasaan dan pengembangan dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Ketentuannya pembelajaran literasi harus diintegrasikan pada setiap mata pelajaran. Meskipun bukan hal yang asing dilakukan, namun integrasi literasi tetap saja dirasa tidak mudah, termasuk dalam pembelajaran sejarah. Padahal pembelajaran sejarah sejatinya bagaikan kawah l…
Putri Tresna Maulidina: Penggunaan Multimedia dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 8 Kota Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan multimedia dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis teks ce…
Sri Wahyuningsih 037120085. Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional Pada Mata Pelajaran IPAS Sejarah Daerah Tempat Tinggalku. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk dan mengetahui kelayakan E-modul menggunakan 3D Pageflip Professional pada mata pelajaran IPAS Sejarah daerah tempat tinggalku kelas IV SD Negeri Iwul 03 semester genap tahun pelajaran 20…
Dalam dunia pendidikan, ada beberapa metode pembelajaran yang banyak digunakan di dalam kelas. Salah satunya adalah Problem Based Learning atau yang biasa disebut dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Sesuai dengan namanya, Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan salah satu metode pembelajaran inovatif yang lebih memfokuskan pada pemecahan masalah. Pemecahan masalah digunakan sebagai cara untuk…
Buku ini secara mendetail mengupas mengenai tasawuf Jawa, baik dari sisi definisi, historis maupun isinya. Di mana disajikan perbedaan-perbedaan tasawuf Jawa dengan tasawuf murni dari Timur Tengah. Pembaca akan mengenal tasawuf Jawa lebih dalam untuk bisa membedakan dengan tasawuf murni. Juga disuguhkan samudra hikmah dan nilai-nilai moral yang begitu luas,
Buku Kajian Puisi Indonesia Modern ini memerikan perkembangan puisi Indonesia modern, yaitu : 1. Masa Tunas Pujangga Baru, dari tahun 1920 sampai 1932, dengan tokoh utama Mohammad Yamin. 2. Masa Pujangga Baru, dari tahun 1933 sampai 1941, dengan tokoh utama Amir Hamzah. 3. Masa Pusat Kebudayaan, dari tahun 1942 sampai 1944, dengan tokoh utama Usmar Ismail. Buku ini diharapkan bermanfaat bag…