Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada siswa dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah bahwa informasi searah dari guru. Oleh karena itu, kondisi pembelajaran yang diharapkan tercipta diarahkan untuk mendorong peserta didik dalam mencari tahu dari berbagai sumber melalui observasi, dan bukan hanya diberi tahu.
Pengembangan kemampuan bahasa pada anak usia dini mempunyai tujuan supaya anak dapat berkomunikasi dengan baik melalui lisan terhadap lingkungannya. Oleh karena itu, aktivitas pembelajaran yang dilakukan harus menggunakan metode maupun media yang tepat dan sesuai dengan usia perkembangannya. Bahasa lisan sangat penting untuk interaksi sosial, serta konsep pembelajaran, sehingga dibutuhkan kurik…
Buku ini mendeskripsikan konsepsi penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi pendidik dan pengembangan keilmuan, karya tulis ilmiah disertai contoh, dan strategi pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas untuk memudahkan pemanfaatan PTK. Buku ini membahas pengembangan keilmuan, yaitu penyelesaian program studi melalui skripsi berbasis penelitian tindaka…
Buku ini berisi tentang uraian bagaimana proses pembelajaran dalam era revolusi industri 4.0. Buku ini terdiri dari 11 Bab. Diantaranya, Bab 1. Hakikat belajar, pembelajaran, model, pendekatan, dan strategi. Bab 2, model-model pembelajaran biologi, Bab 3 pendekatan pembelajarab biologi, Bab 4, strategi pembelajaran biologi, Bab 5, Lesson study, Bab 6 Blended learning, bab 7 hasil belajar siswa,…
Tujuan utama mengajar adalah terjadinya proses nilai tambah belajar siswa menyangkut aspek keterampilan, kebiasaan, sikap pengetahuan ataupun pengertian. Guru sebagai pengajar, berperan penting membantu siswa untuk mencapai tujuan belajar tersebut. Untuk itu bagi guru mutlak diperlukan perencanaan mengajar yang matang, teliti dan sistematik sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal
Jika ada siswa yang memiliki deretan “angka merah”, sebaiknya seorang guru tak langsung melabeli siswanya dengan stempel kurang belajar, kurang memperhatikan guru, bodoh, nakal, atau pelabelan-pelabelan negatif lainnya. Sebaliknya, hendaknya guru melakukan introspeksi diri, merefleksikan dan mengevaluasi strategi pembelajaran yang ia gunakan pada murid-muridnya, sehingga ia dapat mengetahui…