Mata Kuliah Pengembangan Kepri
Paradigma Baru Pendidikan Pancasila
Dengan keluarnya undang-undang no 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, kurikulum perguruan tinggi memuat kembali mata kuliah Pancasila di samping mata kuliah kewarganegaraan, agama, dan bahasa Indonesia. Tetapi dengan hadirnya kembali mata kuliah pancasila diperguruan tinggi belum diikuti dengan buku-buku penunjang perkulihan, terutama yang menampung subtansi kajian baru perihal perkuliahan Pancasila.
Pendidikan Pancasila mengarahkan perhatian pada nilai moral yang dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bidang pendidikan nasional yang termuat dalam pembangunan nasional semesta berencana, termuat arti penting Pancasila, yaitu politik dan sistim pendidikan nasional yang diselenggarakan oleh pihak pemerintah maupun swasta dari pendidikan prasekolah sampai dengan pendidikan tinggi. (hal.38)
Buku ini menjelaskan Pancasila sebagai ideologi nasional yang berarti sebagai cita-cita kenegaraan dan sarana yang mempersatukan masyarakat perlu berwujud dan yang konkret, aplikatif sehingga tidak menjadi slogan belaka. Pancasila perlu diamalkan dalam bentuk pelaksanaan pendidikan yang konsisten. Nilai-nilai Pancasila hendaknya mewarnai setiap prosedur penyelenggaraan kehidupan berbangsa.
Dengan memiliki etika, dalam kehidupan berbangsa akan menjadi tolak ukur penilaian baik buruknya terhadap perilaku manusia baik secara individual maupun sosial dalam suatu masyarakat, etika itu sendiri memiliki 3 makna, yaitu: sistim nilai, kode etik, dan ilmu yang melakukan refleksi kritis dan sistematis tentang moralitas, yang mana ketiga makna itu saling berkaitan sebagai pedoman penyelenggaran hidup bernegara Indonesia.
Buku ini menjelaskan pembahasan dan pengkajian tentang Pancasila berfokus pada pemikiran Pancasila yang selalu berkembang. Dengan demikian, wawasan generasi tentang Pancasila akan makin kaya, beragam, dan juga terus berkembang.
Penulis berharap dengan adanya buku ini menjadi bagian dari sumber dan rujukan bagi penyelenggaraan mata kuliah Pancasila di perguruan tinggi.
Dalam standar nasional pendidikan, kompetensi dasar dari perkuliahan Pendidikan Pancasila adalah agar mahasiswa memiliki kepribadian yang bersumberkan pada nilai luhur budaya bangsa dalam mendukung profesi dan latar belakang keilmuannya.
Tentang penyelenggaraannya perkuliahan pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, maka diharapkan bagi peserta yang mengikuti perkuliahan mata kuliah Pancasila bersedia menjadikan Pancasila sebagai rujukan dan inspirasi bagi upaya menjawab tantangan kehidupan bangsa. (hal. 21)
Dalam buku ini penulis memberikan cara pelaksanaan pendidikan mata kuliah Pancasila secara demokrasi, yang di dalamnya terdapat harkat dan martabat manusia dalam mencapai tujuan dan harapan yang ingin dicapai tanpa adanya rasa diskriminasi setiap individu, karena demokrasi itu mencerminkan pribadi Pancasila seutuhnya yang tidak mengenal adanya pemisahan status sosial individu dunia perkuliahan. Dengan demikian perkulihan Pancasila tetap menarik bagi mahasiswa.
Di dalam buku ini penulis juga memberikan solusi terhadap mahasiswa berkaitan dengan semakin berkurangnya moral pancasila yang dimiliki mahasiswa dengan melalui proses pendidikan pancasila dalam membangun karakter anak bangsa melalui dunia pendidikan yang dilakukan secara usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pemberdayaan potensi dan pembudayaan peserta didik guna membangun karakter sebagai warga negara.
Jadi upaya untuk menjadikan pendidikan pancasila sebagai pendidikan karakter atau kepribadian sebagaimana di atas dapat dilakukan manakala kita menetapkan bahwa pancasila merupakan jati diri bangsa slain sebagai dasar negara. (hal 22)
Materi yang tekandung dalam buku ini antara lain, landasan dan tujuan pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, pancasila sebagai sistem filsafat, pancasila sebagai etika politik, pancasila sebagai ideologi nasional, pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam masyarakat berbangsa dan bernegara.
Buku ini merupakan buku yang penulisnya dosen matakuliah pancasila jadi materi yang di sampaikan di buku ini sangat aktual dengan nilai nilai yang terkandung dalam pancasila. (Usman Abdurrasyid/Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang).
2017MPK00019.C1 | 320.509 WIN | Rak MPK (RM) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain