Skripsi Biologi
Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Guided Inquiry Dengan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Biologi
WINARTI. 036113032. Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah Bimbingan Dra. R Teti Rostikawati, M.Si. dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi pada materi Jaringan kelas XI semester I dengan menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry dengan Learning Cycle di SMA Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Oktober 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukaraja tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan menggunakan Chuster Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 dengan model perlakuan Guided Inquiry berjumlah 28 siswa, dan kelas XI IPA 2 dengan model perlakuan Learning Cycle berjumlah 31 siswa. Berdasarkan hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung sebesar 9,533, sedangkan ttabel sebesar 2,002 sehingga didapatkan nilai thitung > ttabel. Dengan demikian HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry dengan model pembelajaran Learning Cycle. Dimana model pembelajaran Guided Inquiry dengan skor N-Gain sebesar 77,75 menunjukan pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran Learning Cycle dengan skor N-Gain sebesar 48,58.
Kata Kunci: Guided Inquiry, Learning Cycle, Hasil Belajar Biologi.
2017SB0046.C1 | 46 WIN p | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain