Skripsi PGSD
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (Stad) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial: penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada kelas V sdn muarasari kecamatan bogor selatan kota bogor
Penelitian ini merupakan tindakan kelas V sekolah dasar negeri ,uarasari 3 kota bogor, skripsi utama kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran kooperatif student teams achievement division (STAD). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar negeri muarasari 3 kota bogor yang teridir dari 29 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013-2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil tes awa sebelum penelitian yaitu 58,97 dari kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan sekolah yaitu 67. Pada siklus l diperoleh nilai rata-rata 66,90 dengan jumlah 17 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus ll diperoleh nilai rata-rata 81,03 dengan jumlah siswa 27 orang yang mencapai kriteria ketuntasan minimal 2 orang yang kurang dari kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini berkesimoulan bahwa penerapan model model pembelajaran kooperatif student teams achievement division (STAD) daoat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas V Sekolah dasar negeri muarasari 3 kota bogor. Selain itu, Model pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran
Tidak tersedia versi lain