Buku ini memberikan penjelasan tentang telaah kurikulum dan perencanaan pembelajaran. Buku ini bisa dijadikan panduan bagi para guru. Perencanaan pembelajaran merupakan langkah-langkah yang akan dilakukan guru di kelas guna membantu peserta ddik mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan kurikulum didefinisikan sebagai program pembelajaran yang di dalamnya mengandung pernyataan tujuan pembelajaran…
Pengetahuan mengenai teori belajar dan pembelajaran merupakan landasan kemampuan untuk menyelenggarakan tugas profesional seseorang sebagai tenaga pengajar maupun tenaga kependidikan lainnya.Pengetahuan tentang teori belajar bagi tenaga profesional maupun seorang guru akan dapat memfokuskan pembelajaran, sehingga secara konseptual, bahkan teknis tidak ngawur. oleh karenanya, untuk memenuhi kebu…
Buku ini membahas secara rinci perpektif filosofi dan kurikulum yang ada di dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Ulasannya berkaitan dengan filosofi pendidikan IPS, kurikulum IPS, dan perkembangannya, serta penerapan pembelajaran IPS. Penyajian buku ini dikemas secara ringkas, sistematis, namun komprehensif agar pembaca dapat memahami pentingnya pembelajaran IPS yang kreatif dan powerful…
Dunia pendidikan terus berkembang, kurikulum pun harus fleksibel mengikuti perkembangan zaman dari dulu hingga masa modern seperti sekarang ini. Buku Desain kurikulum dan pembelajaran abad 21 ini akan membahas tentang konsep kurikulum dan pembelajaran dari berbagai sudut pandang, secara teori, historis, kebijakan terkini, maupun isu kurikulum dan pembelajaran yang diimplementasikan.
Manajemen kurikulum adalah suatu sistem pengelolaan kurikulum yang dilakukan secara komprehensif, sistemik dan sistematis dalam rangka mencapai tujuan kurikulum. Manajemen Kurikulum meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum. Kurikulum merupakan inti pendidikan (core subject of education), kurikulum dapat berupa ide, program, rencana tertulis, materi/konten…
Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran …
ABSTRAK Dodah Saodah. 036116017. Implementasi Pembelajaran Biologi Menggunakan Kolaborasi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Waldorf di SMA Cipta Cendikia Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah bimbingan Dr. Rita Retnowati, MS. dan Indri Yani, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendeskrip…
AHMAD GALIH PRIANTAMA. 036112069. Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional Biologi di Lembaga Pelatihan OSN Depok. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti Olimp…
RAHAYU MUSTIKA SARI. 036111082. Pengelolaan Pembelajaran IPA di SMP Quantum Indonesia melalui Metode Quantum Learning. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Di bawah bimbingan Dr. H. Bibin Rubini, Drs., M.Pd., dan Susi Sutjihati, Dra., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanakan, dan evaluasi pembelajaran IP…
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.