Penilaian merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan upaya peningkatan kualitas sistem pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Penilaian memiliki peran yang sangat penting dalam kualitas sistem pembelajaran. Sistem pembelajaran yang baik akan menghasilkan kualitas belajar yang baik. Kualitas pembelajaran tersebut dapat…
Dede Mayasari : Penggunaan Model Pengajaran Langsung dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Kelas VII Mts. PUI Sadengkolot Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pengajaran langsung dalam meningkatkan kemampuan menulis teks …
Upaya meningkatkan kualitas pendidikan menjadi tugas dan tanggungjawab guru. Karena gurulah yang langsung membina para siswa di ekolah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Namun mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan ini bukanlah hal Yng mudah. Dan buku ini akan memberikan gambaran dan memperkaya wawasan guru untuk memilih, merancang, dan menggunakan media pengajaran yang efektif seb…
Sesuai dengan amanat kurikulum berbasis kompetensi ( KBK ) yang telah di implementasikan melalui kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP ), bahwa guru sebagai agen pembelajar harus mampu menyajikan proses pembelajaran secara kontekstual sebaik apapun substansi materi ajar, tetapi jika guru tidak mampu mengemas secara apik dalam penyampaiannya, maka substansi tersebut tidak akan memp…
erbeda dari buku yang penulis susun sebelumnya Cooperative Learning (Pustaka Pelajar, 2011) yang cukup detail dan analitis merangkum sejarah hingga studi-studi aplikatif tentang pembelajaran kooperatif, buku Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis yang ada di tangan pembaca ini sifatnya lebih informatif. Ia tidak disajikan untuk mengungkap secara analitis setia…
Kegagalan pendidik dalam menyampaikan materi ajar selalu bukan karena ia kurang menguasai bahan, tetapi karena ia tidak tahu bagaimana cara menyampaikan materi pelajaran tersebut dengan baik dan tepat sehingga peserta didik dapat belajar dengan suasana yang menyenangkan dan mengasikkan, maka pendidik perlu memiliki pengetahuan tentang pendekatan dan teknik-teknik pembelajaran dengan memahami te…
Buku ini tidak membahas apa yang harus diajarkan. Sebaliknya, buku ini justru membahas ihwal cara membatu mahasiswa/pelajar memperoleh manfaat terbaik dari apa yang telah diajarkan kepada mereka dan mempengaruhi mereka agar lebih giat lagi mempelajari mata kuliah atau pelajaran favorit Anda yang mereka hindari. Jika anda peduli dan ingin agar mahasiswa/pelajar Anda mengambil manfaat dari kesuli…