Buku ini membahas mengenai psikologi pendidikan, termasuk aspek-aspek yang terkait di dalamnya serta berbagai elemen penting dalam aktivitas pendidikan. Uraian pembahasan dibagi dalam 15 bab, dimulai dari paparan psikologi secara garis besar, kemudian masuk kepada pembahasan psikologi pendidikan (terkait dengan defenisi, ruang lingkup, kegunaan, pendekatan, dan metode penelitian dalam psikologi…
Buku ini ditulis sebagai bahan referensi bagi guru untuk mengimplementasikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang efektif dan efisien untuk menghasilkan lulusan yang kreatif. materi dalam buku ini mencakup teori belajar, model pembelajaran, metode serta teknik pembelajaran yang inovatif yang dijabarkan secara jelas dan mudah dipahami
Mata kuliah Belajar dan Pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan bagi mahasiswa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Mata kuliah Belajar dan Pembelajaran ini merupakan prasyarat dari mata kuliah Strategi Belajar dan Mengajar (SBM) juga prasyarat dari mata kuliah Pengajaran Mikro (Micro Teaching). Penyusunan Buku Belajar dan Pembelajaran ini disesuaikan dengan kurik…
Menjadi guru adalah pekerjaan profesional dan mulia, sebab mampu membawa seseorang untuk mengubah diri dan orang lain untuk menuju lebih baik. Dalam pembelajaran, peserta didik membutuhkan guru yang super atau great, artinya bukan hanya sekadar pintar, kreatif, inovatif, tetapi juga mulia akhlaknya. Menjadi guru dibutuhkan kemampuan dasar yang melekat pada diri seorang guru, yakni (1) kemampuan…
Teori multiple intelligences merupakan sebuah teori yang menyatakan bahwa setiap individu berkapsitas memiliki sembilan kecerdasan. Untuk itu, setiap peserta didik mempunyai potensi sembilan jenis intelegensi yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan secara memadai. Hal ini menunjukan bahwa intelegensi bukan sesuatu yang telah paten, melainkan dapat diasah dan ditingkatkan. Maka, dalam taraf ini…