Buku ini membahas secara rinci perpektif filosofi dan kurikulum yang ada di dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Ulasannya berkaitan dengan filosofi pendidikan IPS, kurikulum IPS, dan perkembangannya, serta penerapan pembelajaran IPS. Penyajian buku ini dikemas secara ringkas, sistematis, namun komprehensif agar pembaca dapat memahami pentingnya pembelajaran IPS yang kreatif dan powerful…
ABSTRAK FEBRI MONICA 036117031. Implementasi Pembelajaran Sains Menggunakan Kombinasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge di SMP Bosowa Bina Insani Bogor. Skripsi. Universits Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Bibin Rubini, M.Pd. dan Rifki Risma Munandar, M.Pd. Kurikulum mengakomodasi siswa untuk mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan siswa melalui pengalaman bel…
Kurikulum 2013 mengalami berbagai perubahan dan dinamika sejak diluncurkan, sehingga sebagian guru mengalami kesulitan untuk mengimplementasikan kurikulum tersebut. Oleh karena itu, guru membutuhkan panduan menyusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai instrumen penting dalam keberlangsungan proses pembelajaran. Buku ini menguraikan secara lugas teknik penyusunan silabus …
Pengantar Micro Teaching merupakan mata kuliah wajib pada jurusan kependidikan. Buku ini disusun dengan tujuan untuk mengantarkan mahasiswa kepada pemahaman tentang konsep-konsep micro teaching, serta isu-isu relevan yang berhubungan dengan upaya penyiapan mahasiswa calon guru untuk memiliki performa mengajar yang baik dan profesional. Buku ini memulai materi pembahasannya dengan mengenal…
Belina Rahmatika. 037115089. Perbedaan Persepsi Guru Kelas Tinggi dan Rendah dalam Penerapan Kurikulum 2013. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan.2019. Penelitian ini dilakukan dengan Studi Deskriptif Komparatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan persepsi guru kelas tinggi dan rendah dalam p…
Pembelajaran tematik terpadu meruapakan suatu sistem pembelakaran yang memungkinkan peserta didik, baik secara individual maupun kelompok, aktif menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan autentik. Pembelajaran terpadu berorientasi pada praktik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik pada pendidikan anak usia dini…
Kebijakan perubahan kurikulum merupakan politik pendidikan yang berkaitan dengan kepentingan berbagai pihak, bahkan dalam pelaksanaannya seringkali dipolitisasi untuk kepentingan kekuasaaan. Di sekolah guru, kepala sekolah,pengawas dan peserta didik sangat berkepentingaan, dan akan terkena dampaknya secara langsung dari setiap perubahan kurikulum, termasuk kurikulum 2013