Andina Elsam Dahlia. 037114056. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Dengan Pendekatan Saintifik Melalui Penerapan Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini adalah quantitative eksperimen quasi, bertujuan untuk mengetahui perb…
AULIA ROHMAH. 036114016. Analisis Literasi Sains dalam Pembelajaran Biologi Siswa SMA Negeri 1 Ciampea. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si, dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method-exploratory. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan literasi sains (variabel dependen) dengan faktor domi…
Feni Febriani. 036109047. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Organ Pada Manusia Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Square. Skripsi. Universitas Pakuan, Bogor. Dibawah bimbingan Dra Triasianingrum S.U, dan Dra Susi Sutjhati M.Si. Penelitian ini termasuk ke dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action resesarch) karena masih rendahn…
Ismi Maulida, 037114388, Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Melalui Pendekatan Saintifik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rancamaya 1 Kecamatan Bogor Selatan Kabupaten Bogor. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor Tahun Pela…
berdasarkan hasil studi organisasi dunia seperti organisasi kerja sama ekonomi dan pembangunan (OECD), pada tahun 2012 dan 2015, melalui programmes for international student assessment (PISA) ditunjukan bahwa kemampuan literasi siswa indonesia yang berusia 15-16 tahun berada pada posisi yang sangat mengkhawatirkan. dari kemampuan menjawab pertanyaan yang menyertai teks yang dibaca, hanya 1,5% y…
Buku ini mengungkapkan gagasan filsafat pendidikan Alfred North Whitehead, yang dibatasi pada lima hal, yaitu: (1) hakikat peserta didik dan guru, (2) tujuan pendidikan, (3) kurikulum, (4) tahap-tahap ritmis pendidikan, dan (5) kebebasan dan kedisiplinan dalam pendidikan. Penulis memandang peserta didik dan guru sebagai sosok dinamis. Guru berfungsi untuk merangsang dan membimbing pertumbuhan d…
Menjadi guru adalah pekerjaan profesional dan mulia, sebab mampu membawa seseorang untuk mengubah diri dan orang lain untuk menuju lebih baik. Dalam pembelajaran, peserta didik membutuhkan guru yang super atau great, artinya bukan hanya sekadar pintar, kreatif, inovatif, tetapi juga mulia akhlaknya. Menjadi guru dibutuhkan kemampuan dasar yang melekat pada diri seorang guru, yakni (1) kemampuan…